PUSAT PENYELENGGARA DIKLAT 
LP3M UNESA


                                                                                                           

                                                                                                                                                                  

                    Dr. Miftakhul Jannah, S.Psi., M.Si.                                                                                                                                                                                    Dr. Theodorus Wiyanto, M.Pd. 

                     Ketua Pusat Penyelenggara Diklat                                                                                                                                                               Sekertaris Pusat Penyelenggara Diklat


 

 A.Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

    Secara umum penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Pusat Penyelenggara Diklat (PPD), Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diturunkan dari visi, misi, dan tujuan Unesa, kemudian visi, misi, dan tujuan LP3M, dan terus menjadi visi, misi, dan tujuan PPD

    Menurut statuta Unesa Tahun 2016, visi Unesa adalah Kukuh dalam Keilmuan dan Unggul dalam Kependidikan (Excellent in Education and Strong in Science). Visi Unesa ini ditekankan pada dua hal, yaitu (a) dalam bidang keilmuan dicapai kekukuhan dan (b) dalam bidang pendidikan. Kependidikan merupakan bisnis utama Unesa sehingga menjadi targed keunggulan Unesa.

    Visi Unesa tersebut diturunkan menjadi visi LP3M, yaitu Unggul dalam Pengembangan Pembelajaran, Profesi, dan Penjaminan Mutu, serta Kukuh dalam Pengembangan Keilmuan dan Kecendikiawanan.

    Visi Pusat Penyelenggara Diklat (PPD) diturunkan mengacu pada visi universitas dan LP3M,yaitu Unggul dalam Penyelenggaraan Diklat Calon Kepala Sekolah dan Kukuh dalam dalam mencetak Kepala Sekolah dan Calon Tenaga Pendidik (Dosen) yang Profesional.


    B. Misi Unesa dijabarkan sebagai berikut:

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan         pemanfaatan teknologi.
    2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga, dan pengembangan teknologi yang temuannya bermanfaat bagi         pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat
    3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan olah raga, serta hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan         dan pembudayaan masyarakat
    4. Mewujudkan unesa sebagai pusat kependidikan, terutama pendidikan dasar dan menengah serta pusat keilmuan yang didasarkan pada nilai-nilai luhur kebudayaan nasional
    5. Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan  untuk penjaminan dan peningkatan mutu dan peningkatan kualitas berkelanjutan.


    Misi LP3M Unesa dijabarkan sebagai berikut:

    1. Melaksanakan tata kelola pendidikan profesi guru yang bermutu..
    2. Melaksanakan penguatan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.
    3. Melaksanakan pengembangan pendidikan profesi guru dan profesikeahlian.
    4. Melaksanakan pengembangan program pengelolaan pembelajaran dan praktik lapangan yang profesional.
    5. Melaksanakan  pengembangan  pendidikan karakter dan layanan bimbingan konseling.
    6. Melaksanakan pengembangan sistem penjaminan mutu yang akuntabel


    Misi Prodi PPD dijabarkan sebagai berikut:

    Bekerjasama dengan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementrian Pendidikan Nasional dan Lembaga  Penyelenggara Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah     dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) melaksanakan: 

    1. Seleksi substansi calon kepala sekolah yang potensial dari berbagai jenjang pendidikan secara akuntabel
    2. Pendidikan dan latihan kepala sekolah hasil seleksi substansi kepala sekolah secara profesional 
    3. Penguatan kepala sekolah secara profesional.


    Selain misi menghasilkan kepala sekolah, PPD memiliki misi lain tambahan yakni melaksanakan:

    1. Pendidikan dan latihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach (PEKERTI-AA) bagi tenaga pendidik/dosen di perguruan tinggi         secara profesional 
    2. Seleksi perangkat desa berbasis komputer (CAT) secara akuntabel dan dapat dipercaya
    3. Pendidikan dan latihan pengembangan keterampilan berkelanjutan bagi kepala sekolah dan tenaga pendidik secara profesional.


C. Strategi Pencapaian PPD: 


    1. Setiap awal tahun melakukan koordinasi dengan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementrian Pendidikan Nasional dan Lembaga  Penyelenggara Program         Penyiapan Calon Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS).
    2. Setiap awal  tahun, menyebarkan brosur berbagai program pendidikan dan latihan kepada para Kepala Dinas Pendidikan di kabupaten dan kota se Jawa Timur secara online          dan offline
    3. Setiap awal tahun melakukan koordinasi dengan pemerintahan desa tentang pelaksanaaan tes seleksi perangkat desa berbasis komputer.
    4. Setiap awal tahun merencanakan, mendesign brosur, dan menyebarkan brosur tes seleksi perangkat desa berbasis komputer kepada masyarakat secara online dan off line..
    5. Setiap awal tahun merencanakan, mendesign brosur, dan menyebarkan brosur rencana penyelenggaran pendidikan dan latihan pekerti-AA secara online dan off line kepada          masyarakat.
    6. Setiap awal tahun membuat minimal 1 (satu) kerjasama dan atau MoU dengan instansi samping dan luar Unesa: 
    7. Setiap akhir tahun melakukan evaluasi kegiatan selama 1 tahun berjalan.
    8. Kapus dan Sekpus melakukan riset peningkatan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan diklat.


                                                                                                                                                                                                                                                     

D. Struktur Organisasi