PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI GURU

   


                                                                                                                                               

              Dr.Syamsul Shodiq                                                                                                                                                                               Drs. Fatkur Rohman Kafrawi
 Ketua Pusat PPG                                                                                                                                                                                                   Sekertaris Pusat PPG

             

Secara umum penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diturunkan dari visi, misi, dan tujuan Unesa, kemudian visi, misi, dan tujuan LP3M, dan terus menjadi visi, misi, dan tujuan PPG.


Menurut statuta Unesa Tahun 2016, visi Unesa adalah Kukuh dalam Keilmuan dan Unggul dalam Kependidikan (Excellent in Education and Strong in Science). Visi Unesa ini ditekankan pada dua hal, yaitu (a) dalam bidang keilmuan dicapai kekukuhan dan (b) dalam bidang pendidikan. Kependidikan merupakan bisnis utama Unesa sehingga menjadi targed keunggulan Unesa.


Visi Unesa tersebut diturunkan menjadi visi LP3M, yaitu Unggul dalam Pengembangan Pembelajaran, Profesi, dan Penjaminan Mutu, serta Kukuh dalam Pengembangan Keilmuan dan Kecendikiawanan.


Visi Program Studi PPG diturunkan mengacu pada visi universitas dan LP3M,yaituUnggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dan Kukuh dalam Pengembangan Keilmuan Pendidikan Profesi Guru.


Misi Unesa dijabarkan sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

2. Menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial budaya, seni, dan/atau olahraga, dan pengembangan teknologi yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat

3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan olah raga, serta hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan dan pembudayaan masyarakat

4. Mewujudkan unesa sebagai pusat kependidikan, terutama pendidikan dasar dan menengah serta pusat keilmuan yang didasarkan pada nilai-nilai luhur kebudayaan nasional

5. Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan transparan  untuk penjaminan dan peningkatan mutu dan peningkatan kualitas berkelanjutan.



Misi LP3M Unesa dijabarkan sebagai berikut:

1. Melaksanakan tata kelola pendidikan profesi guru yang bermutu..

2. Melaksanakan penguatan profesi pendidik dan tenagakep endidikan.

3. Melaksanakan pengembangan pendidikan profesi guru dan profesikeahlian.

4. Melaksanakan pengembangan program pengelolaan pembelajaran dan praktik lapangan yang profesional.

5. Melaksanakan  pengembangan  pendidikan karakter dan layanan bimbingan konseling.

6. Melaksanakan pengembangan sistem penjaminan mutu yang akuntabel


Misi Prodi PPG dijabarkan sebagai berikut:


1. Melaksanakan tata kelola pendidikan profesi guru yang bermutu.

2. Melaksanakan perencanaan, penyelenggaraan, dan pengevaluasian pendidikan profesi guru yang bermutu.

3. Melaksanakan pengembangan sistem penjaminan mutu yang akuntabel untuk menghasilkan lulusan/output yangbermutu.

4. Melaksanakan jejaring dalam pengembangan profesi guru yang bermutu.


Program Kerja PPG yaitu :  Melaksanakan PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan


1. PPG Dalam Jabatan , peserta dari guru PNS/Non PNS yang berasal dari daerah seluruh Indonesia dan jumlah  quota per          bidangnya  sudah ditentukan dari GTK Pusat, tiap tahun Unesa dapat mahasiswa ppg sebanyak 4 tahap, tiap tahap berkisar 400         mahasiswa  x 4  = 1600 mahasiswa, panitia yang terlibat 127 0rang, dosen pengajar 218  dan Guru Pamong 159.

        Durasi waktu pertahap Proses belajar Mengajar  selama 85 hari dengan system daring mulai hari senin – sabtu, minggu libur &         tanggal merah libur, dimulai April s.d. Oktober atau dihitung satu semester .

2. PPG Prajabatan, Peserta dari non guru atau lulusan S1/D4, tidak harus punya pengalaman mengajar dan usia maksimal 34         tahun, Proses Belajar Mengajarnya 2 semester dan biaya mandiri Rp 8.500.000 /semester x 2 semester, untuk sementara         program rintisan yang sudah berjalan yaitu bidang studi PGSD satu kelas , adapun bidang lainnya masih diusulkan secara         prioritas yang akan dibuka bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru S1 Unesa, Tahun Ajaran 2021 Baru serta Jadwal         seleksi  mengikuti jadwal mahasiswa baru Unesa.

3. Setiap akhir pelaksanaan PPG , Tim PPG melakukan riset tentang survey analisis tingkat kepuasan pelayanan  PPG Dalam         jabatan.

4. Kapus dan Sekpus bekerja sama dengan Tanoto Foundation dalam rangka mengembangkan riset inovasi pembelajaran pada         PPG Prajabatan.


                                                                                                                  

email : ppg.lp3m@unesa.ac.id



Surabaya, 9 Februari  2021

                                                                                                                              Ketua Pusat PPG UNESA